Sunday, February 5, 2012

Cara Melukis dengan Cat Minyak

Hasil Lukisan Pertama Dari Cat Minyak *setelah direnovasi* ^_^
Hai hai.. kali ini berhubung saya sedang ada tugas untuk ujian praktek seni rupa melukis dengan cat minyak, kita sedikit-sedikit akan membahasnya. Walaupun di sini saya juga lagi belajar, nggak ada salahnya kan kita belajar bersama?

Apa saja sih bahan-bahan yang diperlukan untuk melukis? 


Sebenarnya, untuk dapat belajar melukis kita memang perlu merogoh kocek yang dalam. Contoh alat-alat melukis seperti gambar di atas. Gambar itupun alat-alatnya tergolong murah lho teman-teman (ya karena saya yang beli). Pisau lukisnya saja bukan yang asli. Jadi, intinya kita harus pintar-pintar memilih dan memanfaatkan barang tsb. 

Ayo kita urai satu-satu ya...

1. Kuas

Pasti teman-teman sudah tau dong alat lukis yang satu ini? Kuas merupakan alat lukis wajib punya, ya kalau tidak dengan kuas, dengan apa lagi dong ya? 
Kuas di sini bermacam-macam ada yang besar, kecil, sangat kecil, ujung runcing, ujung rata, ujung seperti kipas dan lain-lain. Menurut saya kuas yang cocok untuk background itu kuas yang besar dengan bulu tebal seperti gambar pertama di atas, karena kalau kuas kecil memakan waktu lama & warnanya jadi terlalu pekat. 
Kalau kuas besar kita bisa sesuaikan jadi warna kalem. 

Kuas ujung runcing nan langsing paling pas untuk menggambar pohon, khususnya untuk ranting. Kuas ini cocok untuk melukis objek yang jauh atau kecil.

2. Palet
Hah palet? yang untuk memelet cewe itu? Eitt.. itu pelet teman-teman. Beda lagi kasusnya. Alat ini sangat penting lho dalam melukis, apalagi cat minyak. Karena kalau tidak pakai pelet eh palet susah dong, mau ditaruh dimana coba catnya? Di kertas? O tidak bisa... karena cat minyak, namanya saja ada minyaknya cat ini bisa tembus layaknya minyak jika di taruh di kertas. 
Memang sih, palet susah dicari ditoko-toko kecuali toko lukis / galeri. Umumnya susah, seperti saya sudah muter-muter cari palet nggak ketemu, maklum kota kecil. Nah, atas ide mama saya jadilah palet-paletan :
Iih... apaan ya itu? Itu perwujudan dari alas LJK untuk ujian itu. Kereatip kan teman? Sebenarnya memang palet besilah yang paling oke tapi apa boleh buat karena tidak berjumpa dengan palet asli, palet palsupun jadi.
Wajib dicoba! Hahaha


3. Pisau Palet 

Nah, yang satu ini teman-teman yang baru belajar seni lukis pasti bingung. Kok melukis ada pisaunya segala ya? Emangnya mau masak apa? Bukan bukan!  Pisau ini khusus untuk meratakan cat seperti gambar (kanan) di atas ya. Biasanya untuk membuat gunung es nah kita ratakan es di gunungnya dengan pisau. Nah, kali ini saya juga tidak bertemu dengan pisau palet asli maka saya gunakan pisau-pisauan seperti gambar pertama di atas. Seperti alat adukan semen itu yah? 

4. Kanvas

Masih menjadi alat paling penting, kanvas ini cocok untuk melukis cat minyak. Karena sifat kanvas -dari kain- yang tidak menyerap minyak. Kalau kertas -sudah saya praktekkan- nanti jadi tembus & hasilnya tidak maksimal. Kanvas yang bagus itu biasanya mahal. Eh , kualitas kanvas perlu dipertimbangkan lho. Karena kanvasnya jelek hasilnya juga biasanya jelek. 

5. Cat Minyak

Secara umum, warna yang dibutuhkan untuk melukis adalah warna primer, sekunder, tersier, serta hitam dan putih
Warna Primer : warna pokok yang berdiri sendiri, bukan hasil campuran, yaitu biru,merah, dan kuning.

Warna Sekunder : Yaitu warna hasil campuran dua macam warna primer, contoh: jingga ( kuning + merah ) hijau ( biru + kuning ) Violet ( biru + merah )
Warna Tertier : adalah warna hasil campuran tiga warna ( bisa campuran primer / sekunder )

Tetapi, kalau teman-teman merasa repot mikir cara mencampur warna lebih baik beli cat minyak dengan warna lengkap ya. Cat minyak berbeda lho dengan cat air, ya kelihatan dari namanya. Kalau cat air itu tidak pas dicampur dengan minyak, harusnya dengan air (yaiyalah). 

6. Minyak Cat / Pengencer



Minyak cat gunanya untuk mengencerkan cat minyak itu sendiri. Tadinya saya juga bingung kenapa harus dicampur minyak padahal cat nya kan sudah cat 'minyak' ? Ya mungkin saja agar lebih encer dan tidak kaku dan lebih mudah tercampur. Walaupun cat minyaknya itu sendiri sudah mengandung minyak tapi sebaiknya kita tetap menggunakan minyak ini.

7. Standing / Easel 
Kalau teman-teman nggak punya juga nggak papa kok, asal kanvas bisa berdiri dan tidak goyang . Karena memang fungsi alat ini agar kanvas tegak dan tidak goyang. 

8. Thinner / minyak tanah
Bingung, setelah melukis? Susah mencuci kuas dengan air? Caranya mudah kok, cuci minyak dengan minyak. kan negatif (-) dan negatif (-) jadi positif! Eh, ya pokoknya kalau dicuci dengan air nggak akan tuntas catnya. Cara lain yaitu dengan Thinner. 

Lho kok malah bahas alat-alat nya sih? Padahal judulnya Cara Melukis dengan Cat Minyak?

Ya ini saya beri video cara melukis :


                                      

Video berseri tersebut silahkan ikuti tutorial 1-4. Sebagai bukti kongkrit saya sudah mencoba cara bapak Michael dan hasilnya 99% gagal. T_T


              Hasil renovasi silahkan lihat di atas sendiri yah!

Aslinya air jadi comberan, aslinya cemara jadi??? 
Ditambah warna-warna yang tidak diinginkan (merah dan putih) karena kelalaian saya bisa hadir di situ. 

Ada lagi video yang mungkin lebih mudah :

                                 

Wah kelihatannya mudah yah? Tapi setelah saya praktekkan. 


Sepertinya lebih baik dari gambar pemandangan di atas. 

So.. gimana menurut sobat gambarku yang ancur ini? 


Reactions:

26 comments:

slam knal...
bleh tax kah, pi bkan tntang pmbhsan d ats...
pi msi dlam lngkup seni cat....
u tau gk...
cat pengkilap dan pelapis yang bisa mengkilapkan dan melapisi cat yang di torehkan di plastik , itu kira-kira pelapis dan pengkilap apa ya????
yang mana plastik tidak jenye atau meleleh...
mohon jawabnya...
dan terima kasih... :D :D :D

hmm coba pake pilox bening, biasanya kalau pake pilox bening bisa awet gambarnya & jg membuat gambar terlihat mengkilap

apa tdak mele2h plastikx???
kan cat akan sya tuangkat di ats plastik...
mksi

kayaknya sih nggak meleleh, kan piloxnya nempel.. coba browsing di google, sy jg kurang tau :D

maksudnya cat yg dioleskan setelah lukisannya jadi ya... yg buat efek mengkilap ya pake vernish.....

wah mainan cat ga deh Mendingan pake pensil :D

@KIKI: nah itu dibantu jawab :) terimakasih ya
@eka: haha.. iya sob cat lebih sulit >_<

saya tertarik tuk bikin lukisan... emang dari dulu siiiih waktu masih kecil,, bahkan sampai sekarang masih aja seneng menngambar.
. tapi jika uda liat cara dan tipsnya sekarang.. saya mau mencoba nya aah

saya tertarik tuk bikin lukisan... emang dari dulu siiiih waktu masih kecil,, bahkan sampai sekarang masih aja seneng menngambar.
. tapi jika uda liat cara dan tipsnya sekarang.. saya mau mencoba nya aah

@Riojepolok: memang kalau masih kecil kebanyakan suka nggambar sob.. tapi beda lagi kalau pakai cat air / minyak lebih susah.. oke semoga berhasil ya :D

saya juga seneng banget ngelukis....saya coba deh tips tips tadi....

lukisannya bagus broooww...kembangkan...semoga berhasil

saya mau reaksi tiga2nya, lucu , menarik dan keren. akhirnya saya pilih keren aja deh. kamu bener2 unik ya (mengingatkan pada diri sy sendiri hehe).coba terus! pasti berhasil...

wah keren, lukisannya bagus2. tolong info baru diupdate terus ya!!

Hai semuanya, sekedar mau share, bagi yang tertarik terhadap lukis, dan ingin konsultasi gratis, art forum, menyumbang ilustrasi, dan juga membeli alat alat melukis, dapat mengunjungi web ini :

medialukis.com

Trima kasih,

keren bro....
i like it !! nanti kalu sudah sukses saya tunggu ya !!
kalo ada lukisan baru di share dong ,pasti ane sering datang
~(dari sang pemula)~

Thanx ea ka atas info nya,,
saya ngerasa terbantu bnget wt proses penyelesaian lukisan saya,,,
sukses slalu bwt kakak,,,
n update trus ea info seputar lukis,
;)

nida chie bunga dahlia

melukis dengan cat minyak itu gampang-gampang susah..
hehe ;)

tuk pemula yaa sudah bagus tuhh, saya lg belajar juga Mbak

@ikhwan: iyaaa.. makasih ya haha. :D
@anonymous: heuheuheu.. unik? aduh, iya deh bsk saya tambah pilihan unik :D
@jul: aduh, jadi malu.. saya paling pemula kok :D
@nida: iya, semoga bisa ya. saya juga lagi belajar kok :)
@tips: unsur gampangnya dikit tapi.. :D
@yulia: iya? asik deh.. mari belajar bersama :)

karna mepet atau gx ada cat air ada penggantinya gx...

terima kasih sobb atas ilmunya . . . !!!

udh brp lma neng bs nglukis ct mnyk gt? pngen nyba jg nih, klo media lukisnya tu bs pke ap aj?

Post a Comment

Dikomen ya pren, asal cuap-cuapnya yang polite, ku reply kok ^_^
Tapi tolong jangan menyertakan link aktif & SPAM ya :) Trimakasih

 
Cute Pencil